Skip to main content

Beberapa Karoseri Bus di Indonesia beserta Produk Andalannya


Karoseri berasal dari bahasa belanda yang berarti rumah-rumah yang dibangun diatas rangka/chassis pada sebuah kendaraan. Dari penjelasan tersebut dapat diartikan bahwa karoseri adalah body sebuah kendaraan lengkap dengan komponen-komponen interior didalamnya. Di Indonesia karoseri lebih cenderung diartikan sebagai perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan atau perakitan ataupun perbaikan pada body suatu kendaraan. Pembuatan karoseri umumnya dilakukan pada bus dan truck, akan tetapi banyak juga kendaraan-kendaraan yang membutuhkan karoseri seperto ambulance, pemadam kebakaran, kendaraan oprasional pemerintah atau suatu perusahaan serta angkutan umum. Di Indonesia terdapat beberapa karoseri ternama yang memproduksi berbagai macam bentuk body yang dalam hal ini saya akan lebih berfokus kepada body bus diantaranya adalah :


1.  Adiputro
    Logo Adiputro

Perusahaan ini resmi berdiri di kota Malang pada tahun 1975. Body buatan karoseri adiputro ini begitu banyak yang dikenakan pada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) maupun AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi). Adapun body buatan karoseri adiputro antara lain :
    • Travego Series
      • Model travego series ini mengadopsi model body Travego buatan asli Mercedes Benz di Jerman. Tapi adiputro tidak meniru seratus persen. ada beberapa perbedaan yang dilakukan adiputro yakni model lampu depan dan belakang dan juga ukuran bus tentunya. penampakannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
      New Marcopollo buatan Adiputro milik PO Shafari Dharma Raya
      Pict from : www.safaridharmaraya.com
                
        Royal Travego buatan Adiputro Milik PO Kramat Djati
        pict by : www.bus-photo.net
    • Jetbus Series
      • Jetbus merupakan penyegaran dari generasi travego, namun kali ini adiputro memberikan nama Jetbus untuk generasi penerus Travego Series ini. Nama jetbus diambil dari nama sang owner dari Adiputro sendiri yaitu Jethrokusumo. Bentuk dasar sama seperti varian Travego series hanya saja Adiputro melakukan penyegaran pada model lampu depan dan belakang dari seri sebelumnya. Jetbus memiliki model untuk setiap segmen bus besar, medium, dan mikro bus. Ada dua tipe untuk varian jetbus ini pada segmen bus besar, yang pertama non HD dan yang kedua HD. HD merupakan singkatan dari High Deck yang berarti jetbus HD memiliki deck yang lebih tinggi dari yang non HD. Sedangkan untuk segmen bus medium Jetbus memiliki tipe Jetbus MD, dan untuk mikro bus tipe Jetbus MC.

Jetbus MD
Pict from : bisbandung.com
    Kiri : Jetbus (Non HD)
    Kanan : Jetbus HD
    Pict from : sandynoftiantoilmu.blogspot.com
      • Baru-baru ini Adiputro juga mengeluarkan generasi kedua Jetbus yang bernama Jetbus HD2. Disusul dengan kemuncukan Jetbus HD 2+ New Setra beberapa lama kemudian.

Adiputro Jetbus HD 2 Milik PO Efisiensi
Pict from : isuzuckr.blogspot.com

Adiputro Jetbus HD2 + New Setra Milik SEMANTA
pict from : isuzuckr.blogspot.com





2.  Laksana 

Logo Laksana
Perusahaan ini berawal dari toko mesin di Kota Semarang pada tahun 1970. Perusahaan ini juga banyak memberikan kontribusinya pada kebanyakan armada bus AKAP maupun AKDP. Boleh saya bilang laksana ini jagonya untuk pembuatan body-body bus highclass. Adapun body - body bus hasil karya dari perusahaan laksana ini antara lain :

    • Legacy SR-1
      • Point of Interest dari body ini terletak pada bentuk selendangnya yang berbentuk > , sekilas mirip dengan bentuk logo laksana. lampu depan telihat seperti menggunakan alis dipadu dengan emblem bertuliskan "LEGACY" yang berbahan metal sehingga menampilkan kesan mewah. Bagian belakang juga dilengkapi dengan bentuk Stop lamp yang unik dan dilengkapi LED. Terlihat semakin mewah karena terdapat Lampu LED yang membentang menerangi emblem yang bertuliskan "LEGACY". 

LEGACY SR 1
Pict From : www.haltebus.com
Tampak belakang Legacy SR1 PO Sinar Jaya
Pict from : www.haltebus.com

    • Legacy Sky SR-1
      • Legacy Sky merupakan generasi kedua dari Legacy Sr 1. Perubahan paling mendasar terletak pada bagian depan dan belakang bus. Bagian depan Headlamp menjadi lebih simple dipadu dengan bumper beserta forg lamp yang lebih sporty. Bagian belakang menggunakan stoplamp yang bentuknya mirip sirip hiu dengan full LED serta bentuk kaca belakang yang semakin disempurnakan.
Laksana Legacy Sky SR-1
Pict from www.laksanabus.com
Tanpak belakang Legacy Sky SR-1
Pict from : www.laksanabus.com
    • Discovery
      • Body ini paling banyak dikenakan oleh Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB). Tapi tidak sedikit juga bus AKAP yang mengenakan body ini. Bentuknya sangat sedeharna tapi tetap mempertahankan kesan premium. 
Discovery yang digunakan APTB
pct from : www.flickr.com
Tampak belakang Laksana Discovery
Pict from : sandysangpratama.blogspot.com

    • Tourista
      • Tourista adalah body bus buatan laksana untuk segmen bus medium. secara keseluruhan tampak sama dengan Legacy. Perbedaan terletak pada bentuk lampu dan tentu saja ukurannya.



Tourista
Tourista
Pict from : www.flickr.com

3.  Tentrem
Berdiri tahun 1986 di Malang - Jawa Timur. Awalnya hanyalah sebuah bengkel dan berkembang mejadi perusahaan perakitan body bus tahun 1998. Hampir seluruh body bus buatan Tentrem selalu menampilakan kesan sangar namun tetap elegan. Macam-macam body buatan Tentrem diantaranya :

    • Scorpion King
      • Dari namanya saja sudah terkesan garang. Tapi memang jika diperhatikan body ini memang mirip kalajengking, hal ini lebih ditekankan lagi pada bentuk spion tanduknya yang bentuknya mirip capit kalajengking. Body ini mengadopsi bentuk dari Scania Touring asal Swedia. Namun Tentrem memberikan sedikit perbedaan pada dimensi lampu dan kaca jendela tambahan di bagian pintu depan.


Tentrem Scorpion King milik PT.NPM
Pict from : twitter.com
Tampak Belakang Scorpion King
Pict From : sisko07.wordpress.com
Scania Touring Asal Swedia
Tampak belakang Scorpion King
pict from : photo.sh

Tentrem Scorpion King milik PO Harapan Jaya
Pict from Google.com

    • Scorpion X
      • Body ini merupakan generasi kedua Scorpion King. Perubahan paling mencolok terdapat pada lampu depan beserta bumpernya yang lebih sporty. dan pada bagian belakang dibuat kisi-kisi udara yang dibentuk sedemikian rupa sehingga makin terlihat garang. Selain itu selendang juga dipertegas dengan warna silver membuat body ini tidak kehilangan kesan high class nya.
Tentrem Scorpion X Milik Vircansa Group, PT NPM
pict from : www.online-instagram.com




Tampak belakang Scorpion X
pict from : seputarbusdantrukmania.blogspot.com


4. Rahayu Sentosa



Berdiri di kota Bogor tahun 1961. Body bus buatan Rahayu Sentosa tidak bisa dipandang sebelah mata. karena banyak bus - bus yang menggunakan hasil karya dari karoseri asal Bogor ini. Nah langsung saja kita lihat seperti apa saja body buatan Rahayu Sentosa.

    • Euroliner
      • Nama Euroliner sebenarnya bukan nama baru untuk Rahayu Sentosa karena sebelumnya karoseri tersebut sudah pernah membuat body dengan nama yang sama. Hanya saja Euroliner yang sekarang semakin tampak sempurna dan sangat mengikuti trend model body yang modern.


Euroliner yang sekarang Milik PT NPM
Pict from : www.bismania.com



Euroliner Old Version Milik PO Kramat Djati
Pict from : www.haltebus.com

    • Skyliner 
      • Mungkin boleh saya bilang kali ini Rahayu Sentosa ingin ikut dalam trend model body ala Travego dengan membuat body Skyliner. Sekilas sangat mirip dengan Travego tapi Rahayu Sentosa tetap memberikan citra khasnya yang terlihat dengan bentuk kaca yang cembung jika dilihat dari bagian depan dan belakang bus.

Skyliner Milik PT NPM
Pict from : twitter.com


Skyliner Milik PO Marissa Holiday
Pict from : twitter.com/marissa_holiday





Nah demikianlah postingan yang berjudul Beberapa Karoseri Bus di Indonesia beserta Produk Andalannya ". Sebenarnya masih banyak perusahaan karoseri beserta produk-produk buatannya yang lain. Saya hanya mengulas macam-macam body bus yang menurut saya paling banyak berseliweran dijalan raya. Sekian dan Terima Kasih.









       






Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Guided Bus , Bus yang (bisa) berjalan tanpa sentuhan kemudi

Guided Bus merupakan jenis bus yang dapat berjalan tanpa sentuhan kendali dari supir. Bus ini bejalan diatas jalur khusus layaknya bus transjakarta di Jakarta. Guided Bus adalah bus yang prinsip kerjanya sama seperti kereta api yang diterapkan kepada bus. Guided Bus ini juga bisa dikendalikan secara manual ketika melintasi jalan umum.

Trend Bus dengan Chassis Triple Axle di Indonesia

   Triple Axle adalah istilah untuk menyebut kendaraan (bus) yang memiliki tiga poros roda pada chasiss-nya. Selain jumlah roda dan panjang chassisnya, terdapat sebuah keunikan lagi yaitu roda pada poros ketiga akan bergerak mengikuti pergerakan roda depan pada kecepatan tertentu. Hal ini membantu pergerakan bus ketika melintasi tikungan ataupun ketika bus ingin berputar balik.   Chassis bus Triple Axle    Di Indonesia bus yang menggunakan dengan tiga poros roda ini baru diperbolehkan melintasi jalan raya pada tahun 2012. Hal ini bersamaan dengan dikeluarkannya PP NO.55 Tahun 2012 tentang kendaraan bermotor. Dalam pasal 5 pada peraturan tersebut intinya bus dengan tiga poros roda ini boleh melintasi jalan raya asalkan ukuran panjang, lebar dan tinggi bus itu sendiri sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan pada peraturan tersebut.     Berikut daftar PO (Perusahaan Otobus) yang menggunakan bus dengan chassis Triple Axle pada armadanya.   PO Nusantara (MAN R37)  Ent