Skip to main content

Serba - Serbi Bus Gandeng


Articulated bus atau yang biasa kita kenal dengan sebutan bus gandeng merupakan bus yang memiliki rangkaian tambahan dibagian belakangnya. Rangkaian ini dihubungkan dengan sambungan berupa poros sendi putar yang terdapat pada lantai decknya. Pada bagian dinding sambungan bodynya ditutupi oleh lipatan elastis yang biasanya berwarna abu-abu atau hitam. Articulated Bus memiliki beberapa sebutan seperti Banana Bus, Slinky Bus, Tandem Bus, dan masih banyak lagi. Di Indonesia Articulated bus biasa dikenal dengan bus gandeng.


Poros Sendi Putar Pada Bus Gandemg


Lapisan Elastis (Slinky) 

Dari jumlah rangkaian tambahannya Articulated Bus memiliki dua tipe. Single Articulated dan Double Articulated. Single Articulated Bus adalah bus yang memiliki satu rangakaian tambahan saja, sedangkan yang Double Articulated adalah bus yang memiliki 2 rangkaian tambahan pada bagian belakangnya. Pada umumnya bus-bus ini digunakan sebagai kendaraan transportasi masal di Kota-kota besar. Hal ini sesuai dengan kapasitas penumpangnya yang banyak guna menampung masyarakat pengguna transportasi umum.
Single Articulated Bus

Double Articulated Bus

Di Indonesia tepatnya di Jakarta baru hanya menerapkan bus dengan Single Articulated yang diterapkan pada Bus TransJakarta. Padatnya jumlah penumpang pengguna BRT (Bus Rapid Transit) di Ibu Kota terlebih pada jam berangkat dan pulang kerja (Rush Hour), Membuat PT Transjakarta menghadirkan bus gandeng ini. Bus gandeng yang digunakan pertama kali adalah ZhongTong bus yang diimpor dari China . Tidak beberapa lama setelah itu pemerintah daerah juga mendatangkan bus gandeng asal Swedia yang bermesin Scania dengan standar emisi euro 6, satu tingkat diatas Zhontong.

TransJakarta Zhongtong Bus


Scania Transjakarta

Untuk Double Articulated Bus sebenarnya sudah digunakan di negara- negara besar di dunia, Hanya saja belum diterapkan di Indonesia. Double Articulated Bus yang paling mengesankan menurut saya adalah Autotram Extra Grand asal Jerman. Bagaimana tidak bus ini merupakan bus terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 30 meter. Selain itu mesin autotram sudah menggunakan sistem hybrida, jika baterai dalam keadaan penuh dapat membawa bus ini berjalan sejauh 8 Km. Bus ini mampu menampung 258 orang sekaligus. Canggihnya proyek ini menelan biaya hingga 10 juta dollar jerman dalam upaya penerapannya

Autotram Extra Grand asal Jerman


Autotram Extra Grand asal Jerman
.
Bus yang telah diartikulasikan memang digunakan sebagai BRT (Bus Rapid Transit). Keberadaannya sangat perlu guna mengangkut seluruh penumpang terutama pada jam berangkat dan pulang kerja. Di Indonesia bus TransJakarta baru menggunakan single articulated dan itupun masih banyak juga penumpang yang harus menunggu lama di peron halte. Berdasarkan hal tersebut sepertinya keberadaan double articulated bus sangat perlu guna menampung seluruh penumpang.

Comments

Popular posts from this blog

Beberapa Karoseri Bus di Indonesia beserta Produk Andalannya

Karoseri berasal dari bahasa belanda yang berarti rumah-rumah yang dibangun diatas rangka/chassis pada sebuah kendaraan. Dari penjelasan tersebut dapat diartikan bahwa karoseri adalah body sebuah kendaraan lengkap dengan komponen-komponen interior didalamnya. Di Indonesia karoseri lebih cenderung diartikan sebagai perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan atau perakitan ataupun perbaikan pada body suatu kendaraan. Pembuatan karoseri umumnya dilakukan pada bus dan truck, akan tetapi banyak juga kendaraan-kendaraan yang membutuhkan karoseri seperto ambulance, pemadam kebakaran, kendaraan oprasional pemerintah atau suatu perusahaan serta angkutan umum. Di Indonesia terdapat beberapa karoseri ternama yang memproduksi berbagai macam bentuk body yang dalam hal ini saya akan lebih berfokus kepada body bus diantaranya adalah :

Mengenal Guided Bus , Bus yang (bisa) berjalan tanpa sentuhan kemudi

Guided Bus merupakan jenis bus yang dapat berjalan tanpa sentuhan kendali dari supir. Bus ini bejalan diatas jalur khusus layaknya bus transjakarta di Jakarta. Guided Bus adalah bus yang prinsip kerjanya sama seperti kereta api yang diterapkan kepada bus. Guided Bus ini juga bisa dikendalikan secara manual ketika melintasi jalan umum.

Trend Bus dengan Chassis Triple Axle di Indonesia

   Triple Axle adalah istilah untuk menyebut kendaraan (bus) yang memiliki tiga poros roda pada chasiss-nya. Selain jumlah roda dan panjang chassisnya, terdapat sebuah keunikan lagi yaitu roda pada poros ketiga akan bergerak mengikuti pergerakan roda depan pada kecepatan tertentu. Hal ini membantu pergerakan bus ketika melintasi tikungan ataupun ketika bus ingin berputar balik.   Chassis bus Triple Axle    Di Indonesia bus yang menggunakan dengan tiga poros roda ini baru diperbolehkan melintasi jalan raya pada tahun 2012. Hal ini bersamaan dengan dikeluarkannya PP NO.55 Tahun 2012 tentang kendaraan bermotor. Dalam pasal 5 pada peraturan tersebut intinya bus dengan tiga poros roda ini boleh melintasi jalan raya asalkan ukuran panjang, lebar dan tinggi bus itu sendiri sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan pada peraturan tersebut.     Berikut daftar PO (Perusahaan Otobus) yang menggunakan bus dengan chassis Triple Axle pada armadanya.   PO Nusantara (MAN R37)  Ent